Indahnya Coban Pelangi Malang

Di Kabupaten Malang, kecuali wisata pantai, tipe wisata alam lain yang bisa dengan gampang didapati ialah wisata coban. Maklum, di kabupaten yang berpusat di Kepanjen ini, ada belasan coban yang menyebar di sejumlah daerah. Beberapa air terjun di kabupaten ini serta telah populer namanya di golongan beberapa wisatawan, contohnya Coban Rondo, Coban Pitu, Coban Bidadari, serta Coban Pelangi.

Nah, untuk kesempatan ini yang diulas ialah Coban Pelangi, yang terletak masih satu teritori dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Air terjun ini berada seputar 32 km di samping timur Kota Malang.

Coban Pelangi beralamat di Jl. Raya Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pintu masuk tempat wisata yang diketemukan tahun 1970 itu ada di tepi jalan ke arah loket Gunung Bromo lewat Tumpang.

Sama seperti dengan beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Malang, untuk ke arah tempat ini seharusnya memang memakai kendaraan pribadi. Masalahnya belumlah ada angkutan umum yang dapat mengantar Anda langsung ke coban.

Tetapi, jika Anda benar-benar ingin memakai kendaraan umum, dari Kota Malang, Anda dapat naik angkot jurusan Tumpang (warna putih) dari Terminal Arjosari dengan ongkos sebesar Rp7000. Selanjutnya, sesampainya di Tumpang, untuk mengirit ongkos, umumnya ada banyak kendaraan bak terbuka yang dapat disewa ramai-ramai dengan ongkos sebesar Rp35.000 per orang.

Pertama kalinya sampai di air terjun yang diurus oleh Perum Perhutani Malang ini, pengunjung akan diterima dengan pohon-pohon hijau yang membuat situasi di seputar air terjun benar-benar beri kesegaran mata. Sebab terletak yang ada pada ketinggian 1.400 m dpl, udara di seputar air terjun benar-benar dingin, serta hawanya dapat capai 18 derajat Celcius.Walau telah lama dibuat untuk obyek wisata umum, situasi alam di seputar air terjun ini masih terbangun. Saat pertama-tama datang dalam tempat ini, pelancong akan diterima oleh merdunya suara burung serta hiruk pikuk satwa liar yang menempati tempat ini.

Sarana serta Biaya di Coban Pelangi

Sarana yang berada di Coban Pelangi termasuk komplet. Sesampainya Anda di teritori wisata, Anda akan disajikan kebun bunga warna-warni yang indah. Disamping itu, ada juga rainbow hill, yakni satu tebing pandang yang diperlengkapi gazebo, yang dapat dipakai untuk tempat nikmati Coban Pelangi dari ketinggian.

Di tempat ini, sarana fundamen seperti musala, kamar mandi, serta tempat makan telah diurus secara baik. Untuk sekali penggunaan kamar mandi, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp2.000 sampai Rp3.000, bergantung penggunaannya.

Walau fasilitasnya termasuk cukuplah komplet, tetapi ticket masuk Coban Pelangi masih dapat dijangkau. Untuk sekali masuk, pengunjung cuma diwajibkan bayar ticket sebesar Rp10.000 per orang serta penambahan ongkos parkir sebesar Rp5000 untuk motor serta Rp10.000 untuk mobil. Biaya itu telah berlaku buat anak di atas umur 2 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *